Rabu, 14 Juli 2010

Tentang ISO

ISO (International Standardization Organization) adalah sebuah badan federasi internasional dari badan-badan standardisasi beberapa negara. ISO didirikan tahun 1974 dan berkedudukan di Jenewa.



Tujuan utama dari ISO adalah adanya persetujuan internasional akan suatu standar internasional.

ISO menjadi salah satu standar yang dibutuhkan oleh perusahaan pemasok untuk dapat menjual produknya ke negara-negara maju, terutama eropa. Ini yang menyebabkan perusahaan berusaha mendapatkan sertifikasi ISO, apalagi perusahaan yang berorientasi ekspor.

Sertifikasi ISO dapat diperoleh pada beberapa lembaga audit independen yang memiliki wewenang untuk melakukan audit dan sertifikasi ISO. Di lain pihak bagi perusahaan yang belum membutuhkan sertifikasi ISO namun ingin tetap dapat menggunakannya, mereka dapat mengaplikasikan requirements yang terdapat dalam ISO secara internal tanpa perlu melakukan sertifikasi.



Tujuan dari implementasi ISO sendiri sebenarnya untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan pelanggan (customer satisfaction).Mengapa ISO bisa memenuhi kepuasan pelanggan? karena ISO memiliki poin-poin persyaratan yang secara langsung ataupun tidak langsung mengarah pada tercapainya kepuasan pelanggan. Poin inilah yang mesti dipenuhi oleh perusahaan guna mendapatkan sertifikasi ISO.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar